UCAPAN SELAMAT & DO’A DALAM PERNIKAHAN ISLAMI

Image

Assalamu Alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Bagaimanakah caranya sesuai dengan yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk pengantin pria dan wanita ? Rasulullah SAW memberikan petunjuk bagi umatnya yang memberikan ucapan kepada teman, sahabat, atau keluarga yang menikah dengan kata-kata yang lebih baik.

 

Telah kita ketahui bersama sebagai seorang muslim mengenai pernikahan telah dijelaskan dalam AlQuran mengenai diciptakannya pasangan hidup dari jenismu dalam hal ini berarti sesama manusia (pria dengan wanita) agar kita bisa mendapatkan ketenangan hati hidup didunia dalam mengarungi bahtera menuju hari peradilan.

 

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya diciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikan-Nya kasih sayang diantara kamu. Sesungguhnya yang demikian menjadi tanda-tanda kebesaran-Nya bagi orang-orang yang berpikir”. (Ar-Ruum : 21).

Dalam menciptakan rumah tangga yang ideal dalam ajaran Islam yaitu membentuk rumah tangga yang diliputi ‘sakinah’ (ketentraman jiwa), ‘mawaddah’ (rasa cinta) dan ‘rahmah’ (kasih sayang).

Pernikahan menjadi momentum yang penting dimana kehadiran rekan, teman, sahabat, kerabat dan sanak keluarga menjadi kebahagiaan tersendiri. Apalagi bila kunjungan tersebut disertai ucapan bacaan doa niat yang kita yakini akan memberikan keberkahan atas Ridho Allah SWT dalam menempuh hidup baru sebagai pasangan suami istri kehidupan rumah tangga yang ideal dalam islam.

 

Lalu bagaimana peran kita sebagai muslim dalam memberikan ucapan doa kepada sahabat atau sanak keluarga yang menikah ? Seperti untuk memberikan kebahagiaan kepada sahabat dan kerabat saat ulang tahun dengan Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami, maka sebagai seorang muslim lebih baik memberikan ucapan pernikahan yang telah dianjurkan untuk diucapkan kepada mempelai pria dan wanita. Sebaiknya langsung saja simak ucapan doa dari sebuah hadist yang kebenarannya tidak perlu diragukan lagi yaitu :

 

Dari Al-Hasan, bahwa Aqil bin Abi Thalib nikah dengan seorang wanita dari Jasyam. Para tamu mengucapkan selamat dengan ucapan jahiliyah : ‘Birafa’ Wal Banin’ (semoga mempelai murah rezeki dan banyak anak).‘ Aqil bin Abi Thalib melarang mereka seraya berkata : “Janganlah kalian ucapkan demikian ! Karena Rasulullah SAW melarang ucapan yang demikian”. Para tamu bertanya :”Lalu apa yang harus kami ucapkan, wahai Abu Zaid ?”. Aqil menjelaskan : “Ucapkanlah : Barakallahu lakum wa Baraka ‘Alaiykum” (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan). Demikianlah ucapan yang diperintahkan Rasulullah SAW”. (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

 

Do’a yang lainnya sebagai ucapan yang biasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan kepada seorang mempelai yaitu : “Baarakallahu laka wa baarakaa ‘alaiyka wa jama’a baiynakumaa fii khoir”. Doa ini berdasarkan dari hadits shahih yang telah diriwayatkan Abu Hurairah.

 

Dari Abu hurairah, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika mengucapkan selamat kepada seorang mempelai, beliau mengucapkan doa : Baarakallahu laka wabaraka ‘alaiyka wa jama’a baiynakuma fii khoir (mudah-mudahan Allah mencurahkan keberkahan atasmu dan mudah-mudahan Dia mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan). (Hadits Shahih Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Darimi 2:134, Hakim, Ibnu Majah dan Baihaqi).

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf ketika beliau diberitahukan mengenai pernikahan yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf dengan ucapan pernikahan Baarakallahu laka (Semoga Allah memberikan keberkahan).

 

Ucapan Selamat Pernikahan Islami (Doa Pernikahan Dalam Islam) seperti yang telah dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat kita gunakan sebagai kata-kata ucapan doa bagi yang melakukan pernikahan agar mendapatkan keberkahan dan dipersatukan dalam kebaikan tentunya dengan ucapan dan juga dari hati agar terkabul mendapat Ridho dari Allah SWT.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s